find us on facebook Silahkan masuk atau Daftar

Daftar | Login | Admin

Admisi (021) 8565064, 8562011, 8197386

SEJARAH BERDIRINYA UNIVERSITAS MPU TANTULAR

Universitas Mpu Tantular secara resmi berdiri berdasarkan keputusan Kopertis Wilayah III DKI Jakarta Nomor 17/Kop.III/S.IX/1984 tanggal 17 Septermber 1984 dibawah naungan Yayasan Budi Murni (YPBM). Pada tahun 2008, YPBM telah berubah menjadi Yayasan Budi Murni Jakarta (YPBMJ) dengan akte notaris Sabrina, S.H, No. 01 tertanggal 2 Juni 2008. Tujuan Universitas Mpu Tantular seperti tertuang pada pasal 1 Lampiran Surat Keputusan Rektor Nomor 11 tertanggal 25 Agustus 1984 adalah :
1) Membentuk manusia berjiwa pembangunan, berjiwa Pancasila, penuh pengabdian dan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan negara Indonesia
2) Mempersiapkan tenaga yang cakap dan terampil untuk memangku jabatan, mandiri, dan mampu memajukan ilmu pengetahuan.
Alasan objektif terhadap pendirian UMT antara lamin adalah perwujudan respons positif YBMJ terhadap kekurangan sarana pendidikan perguruan tinggi di Indonesia. Cikal bakal pendirian Universitas Mpu Tantular ini dimulai dengan dialog singkat tapi mendalam antara Ketua Yayasan Pendidikan Budi Murni, Prof.DR.KP.T. Sinambela Kusumonagoro dengan beberapa tokoh pendidikan di Jakarta pada Maret 1983. Pada pertemuan tersebut disepakati untuk menyiapkan rencana pendirian sebuah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berjalan sesuai dengan tahapannya, diikuti dengan semakin bertambahnya tenaga pemikir dan pekerja yang dapat digolongkan sebagai pelopor utama, bahkan merupakan founding father UMT. Pembahasan dilakukan untuk penentuan program studi yang akan dikelola meliputi : piranti lunak (software),piranti keras (hardware) dan piranti arif (brainware) Tahap awal dilakukan penyusunan rancangan statuta, rancangan bidang keadministrasian dan keuangan, rancangan kurikulum fakultas, penyusunan rancangan sistem pendidikan, dan pemilihan nama Perguruan Tinggi. Sejalan dengan itu setelah diadakan pendekatan dengan garis keturunan Mpu Tantular dan sesuai dengan kesepakatan pendiri universitas, maka atuhlah pilihan pada malam tahun baru Saka 1906 (3 Maret 1984) mengadakan upacara peresmian nama universitas menjadi Universitas Mpu Tantular. Restu diberikan oleh pihak Keluarga Besar Mpu Tantular dalam pemakaian nama ini, yang telah mewariskan terhadap bangsa dan negara, antara lain :
1. Nilai-nilai filosofi dengan perumusan Bhineka Tunggal Ika serta Tut Wuri Handayani yang bahkan kini menjadi filosofi Pendidikan Nasional.
2. Nilai-nilai kultural yang kini menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dan modal kekayaan kultur bangsa dalam bentuk subkultural Bali.
3. Nilai-nilai historis monumental yang juga merupakan identitas Bangsa Indonesia. Restu ini kemudian diperkuat pula dengan memberikan Keris Pusaka dari Keluarga Mpu Tantular kepada Prof.Dr.W.B. Sidjabat, selaku Rektor pertama pada acara peresmian berdirinya Universitas Mpu Tantular